Label

Search

Senin, 31 Desember 2012

Pengertian Sistem Politik

a. Pengertian Sistem
              Sistem adalah suatu keseluruhan yang kompleks dan terorganisasi.

b. Pengertian Politik
          Politik berasal dari bahasa yunani yaitu “polis” yang artinya Negara kota. Istilah politik    dalam ketatanegaraan berkaitan dengan tata cara pemerintahan, Politik biasanya menyangkut paut kegiatan partai politik, tentara, dan organisasi kemasyarakatan. Dapat disimpulkan bahwa politik adalah interaksi antara masyarakat - masyarakat dan pemerintah dalam rangka proses pembuatan keputusan-keputusan dan kebijakan - kebijakan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.

c. Pengertian Sistem Politik
              Sistem Politik adalah keseluruhan interaksi yang ada dalam suatu sistem, dan sekumpulan pendapat - pendapat atau prinsip - prinsip yang membentuk satu kesatuan untuk mengatur pemerintahan dan melaksanakan serta mempertahankan kekuasaan individu dengan individu, kelompok dengan kelompok lain, dan hubungan negara dengan negara yang lainnya yang saling berhubungan dengan satu sama lain.

d. Perbedaan Sistem Politik Indonesia dan Sistem Politik di Indonesia
              Sistem Politik Indonesia adalah sistem politik yang berlaku di Indonesia, sedangkan sistem   politik di Indonesia adalah sistem politik yang pernah berlaku di Indonesia.

e. Sistem Politik Demokrasi Di Indonesia
             Sistem politik yang didasarkan pada nilai, prinsip, prosedur, dan kelembagaan yang   demokratis. Adapun pokok - pokok dari sistem politik demokrasi di Indonesia adalah :
   1. Ide kedaulatan rakyat

   2. Negara berdasarkan atas hukum
   3. Bentuk Republik
   4. Pemerintahan berdasarkan konstitusi
   5. Pemerintahan yang bertanggung jawab
   6. Sistem Pemilihan langsung
   7. Sistem pemerintahan presidensiil


f. Sistem Politik Otoriter
               Sistem Politik Otoriter adalah sistem politik yang kekuasaannya sangat luas tak terbatas meliputi seluruh kehidupan suatu negara yang di pimpin oleh seseorang dengan kontrol penuh atau nyaris penuh terhadap negaranya dan tidak perlu ada mekanisme pertanggung jawaban pemerintah, yang memimpin sistem politik otoriter disebut dengan diktator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar